Spirit Of Banten : Edisi Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Dimulai dari Hunian tempat tinggal kita. Jika ingin tidurnya dibangunkan oleh kicauan burung, maka di halaman rumahnya harus ada tanaman dan pepohonan. Ketika mandi dan buang air besar, air yang digunakan adalah air hujan yang ditampung dan air tanah sebagai cadangan yang di sekelilingnya ditanami bambu. Untuk menghemat penggunaan sabun, shampoo dan pasta gigi, bisa menggunakan arang dan cuka bambu. Pada saat memasak, gunakan tungku dengan bahan bakar arang bambu yang sudah dijadikan briket. Begitu pun dengan peralatan masaknya, penggunaan logam dan plastik harus dikurangi. Jika terpaksa, maka bisa dikombinasikan dengan bambu, contoh pada saat masak beras di rice cooker, cemplungkan arang bambu, beras dengan kualitas jelek akan terasa pulen.
Kebutuhan makan dan minum semaksimal mungkin dipenuhi dari halaman rumah. Contoh, jika kita menanam bambu, maka bisa dipanen rebung untuk kebutuhan sayuran dan air bambu untuk minum, bahkan daunnya bisa dijadikan teh daun bambu atau untuk mencuci tangan dan mengawetkan makanan. Ditambah dengan model urban farming, vertical garden dan hydroponic, maka kita tidak perlu buang-buang energi untuk pergi ke pasar atau warung. Tentang sampah yang merupakan salah satu masalah besar bagi lingkungan bisa dengan mudah di atasi melalui konsep ecobrick. Sampah-sampah plastik dimasukkan ke dalam botol plastik bekas lalu dipadatkan dengan tongkat bambu, jadilah ecobrick yang bisa dimanfaatkan untuk dinding dan furniture.

Rumah juga bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan tempat ibadah yang memberikan suasana khusyu dan ikhlas. Berkumpul dengan keluarga, menerima tamu, bermain dan hajatan akan menjadi suatu aktivitas yang akan menambah makna kekeluargaan dan kegotongroyongan yang merupakan kearifan lokal Bangsa Indonesia.
Jadi, bermukim dalam masyarakat urban yang serba digital itu tidak hanya sebatas tinggal yang satu arah, tetapi ada komunikasi berbagai arah antara manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya.





https://www.youtube.com/channel/UCnif-azGVIuo_xOYHUgtbAA

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang