Spirit Of Banten : Edisi Membangun Ruang Kreatif

Akademi Bambu Nusantara (ABN) 3 di Kawasan Banten Lama
Ini adalah mimpi seorang anak manusia untuk menyelamatkan peradaban dengan desain dan teknologi. Di lahan seluas 2 ha ini, tahun 2017 InsyaAllah akan dibangun Akademi Bambu Nusantara Ketiga.
Model bangunan utamanya terinspirasi oleh tunas bambu yang muncul dari ruas-ruasnya. Bangunan utama ini akan dikelilingi oleh 5 Menara dengan model yang terinspirasi morfologi rebung bambu.
Bangunan utamanya digunakan sebagai ruang serba guna untuk beribadah, berkumpul, belajar, diskusi, sharing, workshop, seminar, resepsi, makan dan minum. Lima Menaranya digunakan untuk ruang kelas dan tempat tinggal.
Material utama bangunannya adalah dari bambu utuh yang didapat dari sekitar lokasi dan bambu yang sudah diolah menjadi laminasi dan strand woven bamboo. Material alam yang tidak ramah lingkungan seperti semen, pasir, batu split, bata sama sekali tidak dipergunakan, kecuali logam dan kaca.
ABN dibangun di lahan yang sangat produktif, yaitu lahan sawah. Oleh karena itu, supaya sawahnya masih tetap berjalan, konsep bangunannya adalah dengan sistem panggung yang memungkinkan para petani masih bisa menanam padi. Bangunannya dibuat transparan sehingga masih memungkinkan cahaya matahari masuk menembus bagian bawah bangunan.

Aksesibilitas menuju bangunannya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda dan kursi roda. Sedangkan kendaraan bermotor hanya bisa drop off saja. Kantong-kantong parkir untuk kendaraan bermotor diarahkan menggunakan lahan di kawasan wisata Tasikardi dan Masjid Agung Banten.
Konsep energinya menggunakan energi terbarukan yaitu dengan memasang panel tenaga surya dan angin.









https://www.youtube.com/channel/UCnif-azGVIuo_xOYHUgtbAA

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang