Legenda Desa Gunung Malang


Nama Gunung Malang diambil dari nama seorang tokoh yang sangat terkenal didaerah ini. Kata Gunung diambil karena letaknya dikaki Gunung, sedangkan Malang diambil dari nama belakang seorang tokoh yang berjasa membangun desa ini yaitu KI BADAK PAMALANG. Konon menuurut cerita orang dulu kampung ini merupakan hamparan hutan belantara, bahkan sebagian orang mengatakan bahwa ini kampung Gunung. Mengapa disebut kampung Gunung, karena berada tepat dilereng Gunung Salak. Yang merupakan salah satu Gunung yang berada diwilayah Jawa Barat tepatnya dikabupaten Bogor.
Pada waktu itu sekitar tahun 1900 penghuninya masih bisa dihitung dengan jari, tetapi ada pendapat lain bahwa disekitar desa Gunung malang adalah wilayah pusat pemerintahan kerajaan Pajajaran, dan menurut kepercayaan orang Hindu Bali bahwa Prabu kian Santang menghilang di sekitar desa Gunung malang, sehingga mereka berkeinginan mendirikan Pura disekitar Kp. Tari kolot yang merupakan bagian wilayah desa Gunung malang.
Uniknya, didaerah ini jikalau mau berkunjung kerumah warga cukup melihat apakah ada pohon kelapa, karena setiap ada pohon kelapa disitu pasti ada rumah. Singkat cerita pada saat itu seorang pengembara yang tidak diketahui asalnya yang memutuskan untuk menetap di desa Gunung Malang ini, pengembara tersebut bernama KI BADAK PAMALANG, Walaupun postur tubuhnya kecil tapi kesaktinnya sangat luar biasa dan tiada satu orangpun yang menandinginya.
Karena pada waktu itu lahan perkampungan masih banyak yang kosong maka beliau mempunyai cita-cita ingin membuat lahan pertanian khusus persawahan, dengan dibantu denganwarga kampung setempat, belau mulai membangun saluran irigasi. Konon karena kesaktiannya beliau mampu membuat saluran irigasi sepanjang kurang lebih 100 M dalam waktu yang sangat singkat tanpa bantuan orang lain dan saluran irigasi tersebut sampai sekarang masih digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan kemudian saluran irigasi tersebut diberi nama Susukan Coblong yang terletak di Kp. Cibitung.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang