Spirit Of Banten : Edisi Rumah Layak Huni dan Terjangkau

Rumah Oksigen (RO) merupakan Hunian Layak Huni dengan konsep desainnya adalah rumah tumbuh di lahan lebar panjang minimal 5m dan 10m yang bisa dibangun lantai atasnya atau dihubungkan dengan kavling sebelah (menjadi couple). Terjangkau dalam arti memenuhi budget untuk rakyat yang belum mandiri (perkiraan ± 50jt-125jt). Layak dalam arti memenuhi unsur kenyamanan, keselamatan dan efisiensi energi.
Permainan split lantai desain rumah ini bisa membagi ruangnya lebih efektif dan efisien sehingga memiliki 2 kamar tidur ukuran 2mx3m, 1 toilet ukuran 1.5mx2m, 1 gudang ukuran 1.5x2m, 1 pantry dan ruang bersama ukuran 2mx3m. 
Efisiensi energi bisa diperoleh dengan membuat ventilasi silang dan pencahayaan alami pada bukaan dindingnya, sehingga tidak membutuhkan AC dan pencahayaan buatan pada waktu siang. Sedangkan masalah limbahnya, bisa menggunakan sistem resapan yang melalui Bioseptictank dan STP komunal sehingga tidak ada pembuangan ke saluran yang ada di lingkungan rumah tersebut.
 Berbeda dengan hunian-hunian lain, material untuk dindingnya menggunakan bambu palupuh yang diplester dengan semen. Tulangan betonnya yang biasa menggunakan besi, diganti dengan bambu. Selain itu, material bambu juga digunakan sebagai pengganti kayu untuk kusen, pintu dan jendela, juga untuk interior dan furniture sebagai varian dari type RO.



https://www.youtube.com/playlist?list=PLrOL3iBm5pVJuuPdVs1xYycSFBDkpPJVb

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang