Di Balik Riuhnya Pabrik Kertas Indah Kiat, Terdapat Tangan-Tangan Halus Penganyam Bakul Bambu


Tegal Maja adalah nama sebuah desa di Kecamatan Keragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten. Akses paling cepat, dari tol Tangerang Merak, keluar di Ciujung Keragilan, lalu belok kiri ke jalan raya Jakarta Serang dan belok kanan ke jalan Sentul. Kira-kira 5 km dari dari mulai jalan Sentul itulah Desa Tegal Maja berada, berbatasan langsung dengan Kawasan Industri Pabrik Kertas PT. Indah Kiat.
Desa dengan luas 104 ha dan jumlah penduduk 4905 jiwa (968 KK), hampir tiap rumahnya adalah penganyam bakul bambu. Namun sayangnya, yang menganyam bakul bambu itu semuanya para orang tua. Generasi mudanya banyak yang memilih menjadi buruh pabrik. Selain itu, nilai jualnya pun tidak sebanding dengan rumitnya cara pembuatan bakul bambu. Apalagi prosesnya dari mulai membuat iratan sampai bakul itu jadi dibuat secara manual menggunakan tangan-tangan para orang tua, tapi hasilnya halus sekali. Untuk membuat bakul sebanyak 4 buah, dibutuhkan waktu dari pagi sampai sore, terkadang sampai malam. Bahan bakunya pun yaitu jenis bambu tali didatangkan dari luar dengan harga sekitar Rp. 20.000 perbatang panjang sekitar 4 m. Untuk membuat 15 bakul ukuran sedang, dibutuhkan 2 batang bambu tali.
Kepala Desa Tegal Maja terpilih, yang baru seminggu aktif, H. Muhamad Iksan, melakukan terobosan baru dalam memberdayakan masyarakatnya. Terobosannya ada di link video ini.
Mudah-mudahan, terobosan Kepala Desa Tegal Maja ini bisa membuat masyarakatnya lebih inovatif dan kreatif. Dan yang lebih penting lagi adalah ekosistem bambunya berjalan sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat dan keseimbangan alamnya meningkat dan tetap terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang