The Toba Caldera Geopark



Geopark Kaldera Toba adalah kawasan kawah gunung api yang terjadi karena peristiwa letusan gunung api yang sangat dahsyat. Kaldera Toba terletak pada koordinat (2.88 N - 98.5 2 E dan 2.35 N - 99.1 E) merupakan kaldera terbesar di dunia yang terbentuk pada Zaman Kuarter dalam kurun waktu 1.2 juta tahun yang lalu. Danau Toba merupakan hasil letusan Supervòlcano yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu. Akibat dari letusan tersebut terjadi kawah besar dan terus menerus diisi air sehingga menjadi danau.

The Toba Caldera Geopark and its volcanic landscape occured after a massive volcanic eruption. The Toba Caldera is situated at the coordinates 2.88 N - 98.5 2 E dan 2.35 N - 99.1 E. It is the biggest caldera in the world and was formed from the quarter age in a time frame of 1,2 million years. Danau Toba is the result of the eruption of a Supervolcano that happened 74.000 years ago. The huge crater filled slowly with water and became a lake.

Kawasan hasil dampak dari letusan supervolcano Toba menyisakan bentang alam yang khas dan sangat indah, di mana didiami penduduk Suku Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo dan Pakpak. Dalam situs warisan alam di kawasan geopark kaldera toba terdapat kekayaan flora dan fauna di mana masyarakat Batak yang mendiami kawasan di tepian danau di lahan hasil letusan Gunung Toba Supervolcano dimanfaatkan bagi masyarakat Batak untuk kegiatan pertanian yaitu bercocok tanam padi, kopi, bawang, mangga, jeruk, terong Belanda, kemenyan, andaliman dengan fauna seperti harimau Sumatera, ihan Batak, kambing putih dan lainnya yang mewariskan tradisi yang menjadikan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat batak sehingga menghasilkan kearifan lokal yang berkembang hingga saat ini.

This supervolcanic eruption left a very unique landscape around and inside the caldera walls. The local Batak people differ from Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo to PakPak. The Toba Caldera has a rich natural heritage of flora and fauna. The Batak people use the rich volcanic soil, by the side of the lake formed by the volcanic eruption, for agriculture such as rice, coffee, shalots, mangos, oranges, tamarìllos incents and batak pepper. Local fauna are the Sumatran Tiger, Batak Fish, white goats and others. The natural heritage result in the local traditions and culture that are practised until today. This culture supports local wisdom and handicrafts.

Ulos di Batak Toba dan Pakpak, Uis di Batak Karo, Hiou di Batak Simalungun dengan pewarnaan yang unik  di dominasi oleh warna merah putih dan hitam merupakan pewarnaan yang diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar jejak letusan gunung api supervolcano. Kain ini juga digunakan untuk seni tari Tor-tor Batak Toba, Merdang Merdem Batak Karo, Huda-Huda Batak Simalungun.

Local cloths like "Ulos" for Batak Toba and Pakpak, "Uis" for the Batak Karo, "Hiou" for the Batak Simalungun are coloured mostly in white red and black. The plants for the natural colours grow on the slopes of the Supervolcano. These cloths are also used for Batak Dances like Batak Toba, Merdang Merdem Batak Karo, Huda-Huda Batak Simalungun.

Peristiwa letusan gunung api yang maha dahsyat tersebut telah mempengaruhi kehidupan masyarakat sekitar kawasan dari aspek sosial budaya dan ekonomi dan keanekaragaman hayati. Rumah adat suku Batak yang sangat unik dibuat tanpa menggunakan pasa, tidak menggunakan paku tetapi menggunakan rotan. Mengingat daerah tersebut terletak pada "ring of fire", dengan banyak aktivitas vulkanik, arsitektur ini membuat rumah-rumah aman saat terjadinya gempa.

The eruption of the massive volcano had on influence on the life of the local people from the social - cultural aspect, economy as well as the local biodiversity. The Batak houses are built without nails, but tied with rattan. Considering the area is located on the "ring of fire", with lots of volcanic activity this architecture makes the houses earthquake safe.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang