Ide GilaKu : Edisi Membangun Akademi Bambu Nusantara

JeJakKu di TangSel


Magnet EcoTourism Kota Tangsel itu bernama Akademi Bambu Nusantara. Sebuah Pilot Project Community Development yang sangat bagus sekali yang melibatkan semua stakeholder. Pemkot Tangsel menyediakan lahan, swasta melalui forum CSR membiayai sebagian pembangunan fisiknya, komunitas yang membangun dan memenejnya. Akademisi mendukung riset dan media mempublikasikannya. Baru sekitar 8 bulan ABN dibangun sebagai ruang kreativitas bagi Komunitas di Tangsel. 
Disebut Akademi, karena di sini ada proses pembelajaran non formal dengan kurikulum Rekonstruksi Sosial. Para siswanya yang disebut Pegiat Bambu terdiri dari berbagai generasi dan tidak dipungut biaya, bahkan diberi ilmu gratis tentang bambu dan tentunya penghasilan yang layak dan proporsional sesuai produktivitasnya. Biaya operasional ABN didapat dari penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh para pegiat bambu seperti bibit bambu, handycraft, desain, konstruksi dan lain sebagainya. Lulusan dari ABN ini akan menjadi seorang EcoPreneur yang akan mendukung Kedaulatan, Ketahanan dan Kesejahteraan masyarakat Indonesia. Disebut EcoPreneur, karena para pegiat bambu ini tidak hanya diajarkan bagaimana memanfaatkan material alam, tetapi juga diajarkan bagaimana melestarikan material alam dengan membibitkan dan menanam kembali material alamnya.
Oleh karena itu, banyak orang atau kelompok orang, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik untuk datang dan belajar di ABN, meskipun baru berumur 8 bulan. Semoga ABN bisa diduplikasi di wilayah-wilayah lain. Target kami, minimal tiap kecamatan memiliki satu kawasan untuk dijadikan ABN.



https://www.youtube.com/channel/UCnif-azGVIuo_xOYHUgtbAA

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang