Ide GilaKu : Edisi BaktiKu untuk Bumi

Menjadi EcoPreneur

EcoPreneur adalah keseimbangan antara keuntungan, kelestarian sumber daya alam dan manfaat bagi lingkungan. Ini adalah wirausaha yang ramah lingkungan, tidak hanya sumber daya alamnya yang dieksploitasi untuk mencapai keuntungan yang besar, tetapi juga melestarikan sumber daya alam dengan cara membuat bibit, menanam dan merawatnya sampai tumbuh.
Salah satu usaha yang bisa mendukung EcoPreneur tersebut adalah bambu. Bambu merupakan Pusaka Alam Semesta (Sang Saka Bhuana) yang bisa menyelamatkan bumi dari bencana pemanasan global. Fakta-fakta di bawah inilah yang bisa menjawab kenapa harus bambu, yaitu:
1.     Hutan bambu mampu menghasilkan 20% Oksigen dan menyerap 35% Carbon Dioksida lebih banyak dibanding hutan lainnya.
2.     Bambu mampu menjaga kualitas dan kuantitas air bersih. 
3.     Bambu lebih kuat dibanding baja.
4.     Pertumbuhan bambu 2 – 4 feet per harinya.
5.     Bambu menghasilkan kayu 20 kali lebih banyak dibanding pohon lainnya dalam setiap acre.
6.     Bambu dapat memberdayakan masyarakat lebih luas lintas generasi.
7.     Bambu adalah tanaman yang paling aman, tidak mengandung racun dan pestisida.
8.     Bambu adalah material masa depan pengganti kayu, logam, plastik, fiber, bahan bakar fossil yang ramah lingkungan dan masih melimpah, emas hijau yang dapat dimanfaatkan untuk rumah tinggal, makanan, minuman, peralatan, alat musik, nutrisi tanah, obat-obatan, bahan bakar, energy alternative, pemanas, listrik, elektronik, pertahanan, otomotif, kosmetik, penyaring air bersih, produk anak-anak, tekstil dan peralatan olah raga.
Indonesia adalah Bangsa yang Besar dengan Sumber Daya Alam yang sangat melimpah ruah. Bangsa ini sangat beruntung menjadi salah satu Bangsa dengan jenis Bambu paling banyak di Dunia. Sekitar 12% jenis Bambu Dunia ada di Indonesia. Ada yang berwarna hijau, hitam, putih, cokelat dan kuning. Ada yang bergaris kuning dan bermotif tutul/batik. Ada yang tebal dan tipis serta hidupnya berumpun. Dan yang lebih beruntungnya lagi, bambu di Indonesia masih dianggap sebagai simbol kemiskinan dan pemanfaatan serta teknologinya masih sangat sederhana, sehingga row materialnya masih tersedia banyak.

Salam Bambu Nusantara!



















https://www.youtube.com/channel/UCnif-azGVIuo_xOYHUgtbAA

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang