Pasar Van Der Capellen, Cara Baru Membangkitkan Kembali Perekonomian Rakyat



Di Batu Sangkar Tanah Datar Sumatera Barat, setiap hari Minggu pagi ada Pasar Van Der Capellen. Pasar ini sangat unik dan menarik karena transaksinya memakai koin dari kayu yang disebut Wood Coin. Uang Rp. 2500 setara dengan 1 Wood Coin dan itu berlaku untuk setiap minggunya. Jadi jangan kuatir tidak habis koinnya, karena jika ditukar dengan rupiah lagi, harganya hanya Rp. 2000. Pasar ini menjadi menarik karena yang jualnya berpakaian adat khas Minangkabau, termasuk makanan, minuman dan kerajinannya.

Disebut Pasar Van Der Capellen, karena lokasinya berada di kompleks Benteng Van Der Capellen yang saat ini dimanfaatkan sebagai kantor Dinas Pariwisatanya Pemkab. Tanah Datar.

Pasar Van Der Capellen ini merupakan Destinasi Digital yang baru dikembangkan di tahun 2018. Disebut Destinasi Digital karena dibuat kekinian yang instagramable dan ada spot-spot untuk selfie dan welfie. Selain itu, di pasar VDC juga bisa menikmati kesenian khas Minangkabau yang menambah daya tarik para pengunjung.

Konsep pasar VDC ini bisa menjadi cara baru untuk membangkitkan kembali kearifan lokal yang saat ini semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Ini adalah contoh kecil inovasi yang bisa dilakukan oleh para pembuat kebijakan di daerahnya masing-masing.


Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang