Ekosistem Bambu 4.0.


Tahun 2020 adalah tahun yang hebat dalam gerakan Revolusi Sebatang Bambu yang dimulai tahun 2012. Di tengah pandemik virus corona, justru bambu menjulangkan tunas-tunasnya.
Ya..! Ekosistem Bambunya (EkoBa) sudah mulai berjalan. Industri Bambu sebagai ujung dari mata rantai EkoBa sudah mulai memproduksi bambu untuk kebutuhan industri. Wisata Edukasi Bambu Nusantara (webNUSA) sudah berjalan 2 edisi dan yang ketiga akan diadakan tgl 14-15 di Majalengka dan Punclut Bandung. Kios Offline Serba Bambu (KiBa) sudah mulai dibuka di beberapa tempat.
Upaya pelestarian dengan membuat bibit dan menanam terus dilakukan untuk menjaga keberlanjutan EkoBa. Di tambah dengan penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) untuk pembuatan database bambu.
Inilah yang disebut EkoBa 4.0. Nanti tuh sampai begini, misal orang yang minum kopi pake gelas bambu, bisa ketahuan sumber bambunya dari mana, proses pengerjaannya sampai jadi gelas buat kopi, karena di gelas bambunya sudah kita kasih barcode atau semacamnya. Jadi semua produk bambu kita itu bisa dilihat historisnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang