SPIRIT GUBERNUR BANTEN DALAM UPAYA MENGEMBALIKAN KEJAYAAN PERADABAN ISLAM KESULTANAN BANTEN



Prof. Nico Captein telah merekomendasikan Claude Gulliot sebagai Sejahrawan Dunia yang dapat dijadikan salah satu narasumber untuk tindak lanjut penggalian Sejarah Banten karena beliau adalah Sejarahwan dari Perancis yang telah menghasilkan riset riset Peradaban Islam di Bumi Nusantara termasuk Peradaban Islam di era Kesultanan Banten.
Ditempat dan waktu terpisah Prof. Witkam menginformasikan bahwa Claude Gulliot sudah menjadi seorang muslim (muallaf) yang sudah banyak melakukan riset tentang Peradaban Islam di zaman Kesultanan Banten yang hasil risetnya diakui dunia.
Selama Kunjungan Riset di Leiden Belanda, Tim Researcher Sultan Abul Mafakhir Institute yang dipimpin DR. Mufti Ali, Ph.D berhasil mendapatkan gambaran awal tentang kekayaan data Banten di Belanda yang terdiri dari 208 manuskrip, arsip2 dokumen salah satunya didapat undang-undang Banten (UUB) yang terdiri dari 2.638 halaman dan arsip Belanda tentang Banten mencapai 100.000 lebih lembar, ribuan foto, ratusan peta, ratusan sketsa Banten, kitab, foto dll. Ini baru yang di Belanda, belum yang di Inggris, Denmark, Perancis, India, Afrika Selatan dan beberapa negara negara di Asia serta Timur Tengah yang jumlah seluruh nya ada 22 Negara yang dapat dijadikan sumber data untuk dilakukan riset.
Gubernur Banten Pak WH, Para Tokoh Ulama dan Cendikiawan mengapresiasi atas pemaparan "temuan" Tim Researcher yg langsung disampaikan DR. Mufti Ali, Ph.D pada tanggal 20 Februari 2020 di Rumah Dinas Gubernur.
Sebagai tindak lanjut, Gubernur Banten Pak WH akan mengundang secara khusus Claude Gulliot Sejarahwan berkelas Dunia
dari Perancis untuk datang ke Banten yang akan dilibatkan secara langsung sebagai salah satu mentor DR. Mufti Ali, Ph.D dalam memimpin Project Riset Sejarah tentang masa Kejayaan Peradaban Islam dan Dunia Pesantren berikut Tokoh Ulama dan Kitab2 karya Ulama Banten dan Dunia Islam, Warisan Budaya hingga Kulliner di masa Kesultanan Banten.

By: Researcher Sultan Abul Mafakhir Institute
(Mufti Ali, Enny Suryani Djiran, Imadudin Samun Usman)

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang