Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Tempat Tinggal



Namanya Subhan Hidayat, biasa dipanggil Ohan, saat ini sedang menjalani pendidikan Gaya Hidup Ramah Lingkungan (GHRL) di Akademi Bambu Nusantara (ABN). GHRL ini merupakan program baru ABN di tahun 2020. Selama 3 tahun, Ohan diwajibkan tinggal di EcoHouse Nusaloka BSD Tangsel.
Kegiatan sehari-harinya adalah melakukan GHRL seperti tidak membuang sampah anorganik, tidak menggunakan sabun, sampo, odol dan pembersih kimia lainnya, melestarikan dan memanfaatkan bambu, mengatur KiBa dan webNUSA.
Kegiatan tidak membuang sampah anorganik dibagi menjadi 2, yaitu membuat ecobrick dari sampah plastik dan memanfaatkan kembali sampah anorganik menjadi bahan pendukung untuk kerajinan tangan. Sehingga, Ohan sehari-harinya tidak menghasilkan sampah anorganik. Kegiatan tidak menggunakan sabun, sampo, odol dan pembersih kimia lainnya dilakukan dengan menggunakan daun dan cuka bambu yang ada di rumah.
Untuk melestarikan bambu yang ada di rumah tersebut, Ohan membuat bibit dan menanam. Sedangkan untuk memanfaatkan bambunya, Ohan membuat produk seperti tempat duduk, pagar dan kerajinan tangan lainnya. Bahkan, sejak mengikuti pendidikan ABN, Ohan rajin meminum teh daun bambu yang dia petik sendiri daunnya di halaman rumah.
Terakhir, kegiatan dalam program GHRL ini adalah mengatur Kios Bambu (KiBa) dan Wisata Edukasi Bambu Nusantara (webNUSA). Dari KiBa dan webNUSA inilah Ohan mendapatkan penghasilan untuk biaya hidupnya sehari-hari.
Asik dan Seru kan GHRL nya Ohan! Hidup sehat dan dapat penghasilan.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang