Seandainya Tarzan ada di Lampung



November 2018 ini, kali kedua bambuNUSA berkunjung ke Lampung untuk Wisata Edukasi Bambu Nusantara (webNUSA). Agendanya survey lahan untuk Taman Wisata Keanekaragaman Hayati Bambu di Kawasan Wisata Alam Air Terjun Batu Putu Lampung (KWA2TBPL).

Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, sekitar 10 - 20 menit. Sesuai dengan nama kawasannya, magnet utama dari KWA2TBPL adalah Air Terjun Batu Putu yang bisa ditempuh dengan jalan kaki melalui jalan dua tapak yang sudah di paving block dengan pola meliak-liuk menyusuri lereng punggungan sampai ke lembah dan dibeberapa titik tertentu ada tangga dan reilingnya untuk memudahkan wisatawan.
Wisata air terjun di sini sepertinya kurang diminati para wisatawan baik dalam negeri apalagi luar negri. Terlihat dari sepinya pengunjung yang datang meskipun di hari libur. Padahal, KWA2TBPL mempunyai potensi alam yang sangat luar biasa sekali, salah satunya adalah tanaman Dinochloa Scandens.





Dinochloa Scandens (DS) adalah nama ilmiah dari bambu rambat, di tanah Parahyangan disebutnya Cangkoreh. Jenis bambu ini merupakan salah satu bambu asli Indonesia yang hidup merambat dengan jangkauan puluhan meter meliak-liuk sambil melingkar di pohon-pohon. DS termasuk jenis bambu yang memanjat dengan batangnya yang kecil menjalar di antara pohon-pohon lain. Rumpunnya jarang, batangnya bahkan sering tidak berlubang. Warnanya hijau dengan miangnya yang kasar. Saat masih muda, bambu ini berlapis lilin dengan buku-buku yang membengkak sangat kontras dan berwarna cokelat pada batang bekas pelepahnya yang jatuh.






Cabang-cabangnya tumbuh pada bagian buku-buku, terutama di bagian tengah batang. Cabang yang primer tumbuh tegak dan besarnya sama dengan batang utama. Jika tidak tumbuh, cabang sekunder yang banyak akan tumbuh, kecil-kecil dan sama besar seperti membentuk rumpun baru. Pelepahnya ada kupingnya, mudah jatuh dan memiliki daun yang sedikit melebar dengan ukuran yang berbeda-beda serta berwarna agak keungu-unguan.



DS ini asli Indonesia, salah satunya ada di Taman Wisata Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung. Bambu ini sangat kuat dan bisa dipakai untuk anyaman dan tali. Sayang sekali Tarzan Belum Tau Dinochloa Scadens, jika tau dan ada di Lampung, Tarzan akan bertambah kuat dalam menjaga alam dengan jangkauan area yang bertambah luas.





Kawasan ini sangat cocok untuk dibuat webNUSADUA. Selain bambu jenis DS, ada juga bambu apus (Gigantochloa Apus), hitam (Gigantochloa Atroviolacea), ampel (Bambusa Vulgaris) , duri (Bambusa Blumeana) dan ada jenis yang lain yang belum sempat disurvey. Tetapi yang paling dominan dan berpotensi menarik wisata karena jarang sekali ditemukan adalah bambu DS. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam batang DS terkandung air yang bisa langsung diminum dan untuk pengobatan.


Akses jalan eksisting menuju Air Terjun dibuatkan tempat untuk istirahat wisatawan. Di tempat istirahat itulah para wisatawan bisa menikmati air bambu DS baik itu untuk diminum, ataupun untuk pengobatan. Bahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh bersama bibit bambunya yang dikemas dalam tabung bambu. Untuk menambah kenyamanan wisatawan, jalannya diberi kanopi dari batang bambu yang diberi bambu DS supaya membentuk lorong oksigen.


Di lerengnya bisa ditanami bambu jenis monopodial seperti Cendani dan Guadua. Bambu jenis ini sangat cepat untuk mengikat tanah dan batu-batuan supaya tidak longsor. Di beberapa tempat yang landai, bisa ditanami bambu Nusantara dan Dunia koleksi Akademi Bambu Nusantara dan PT. Bukit Asam Lampung. Lahan dengan view ke Teluk Betung, dibuat Aula Bambu untuk aktivitas wisatawan dalam kreativitas dan inovasi bambu. Kreativitas dan inovasinya bisa dalam bentuk kuliner, kerajinan dan seni budaya. Di Aula Bambu tersebut akan terjalin interaksi langsung warga dan wisatawan yang akan menggerakkan perekonomian rakyat.



Ini akan menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik berbasiskan kearifan lokal, yaitu bambu. Di sinilah ekosistem itu terbentuk dan menjadi cikal bakal desa bambu millennial.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang