Kampung Istal, Rasa Baru Menikmati Alam



Ini untuk kedua kalinya saya diminta datang ke Ciapus Bogor untuk survey lokasi yang akan dibangun dengan material bambu.



Namanya Kampung Istal, menurut pemiliknya, Kang Wifky, yang merupakan teman seangkatan di ITB tapi baru komunikasi sekarang, dulunya lahan seluas 5000 m2 ini merupakan tempat pemeliharaan kuda. Sekarang kuda-kudanya dibawa oleh pemiliknya, jadilah tempat kudanya yang biasa disebut Istal disulap menjadi kamar-kamar yang bisa disewa.









Kang Wifky ingin sekali membuat zona photo spot dengan background Gunung Salak dan Kota Bogor memakai material bambu yang eksotik. Zona photo spot yang instagramable ini akan sangat mendukung sarana dan prasarana yang sudah ada, seperti kolam renang, futsal, basket dan panahan.













Aktivitas outdoor nya juga menarik dan seru, seperti menangkap ikan, memandikan kerbau, memberi makan sapi, hiking ke hutan pinus dan curug.















Dan, satu lagi yang selalu saya bagi, adalah pemberdayaan bambu. Sepanjang jalan menuju lokasi Kampung Istal, berderet rumpun bambu dan beratus-ratus hektar hutan bambunya. Pantas saja disebut Ciapus, yang artinya air bambu tali, karena banyak sekali rumpun bambu tali dan merupakan jenis bambu yang banyak menyimpan cadangan air bersih. Tak heran di Ciapus ini banyak sungai, curug dan mata air.
Mudah-mudahan kawasan Ciapus ini masih tetap terjaga dan lestari bambunya di tengah maraknya pembangunan villa, cottage dan resort.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang