SeNyamanE Umah (SENYUM) Bambu



SeNyamanE Umah (SENYUM) Bambu merupakan rumah knockdown type 21 yang dibuat sesederhana mungkin supaya setiap orang bisa membangunnya dengan mudah dan cepat tanpa perlu dibantu oleh tukang bambu.
Modelnya seperti rumah-rumah tradisional biasa dengan dimensi 3 m x 7 m dan menggunakan atap pelana. Senyum Bambu memiliki 2 kamar tidur dengan ukuran 3 m x 2 m, ruang penghubung 1.5 m x 3 m, kamar mandi 1.5 m x 1.5 m dan dapur 1.5 m x 1.5 m.

Untuk memudahkan dan mempercepat perakitan, maka dibuat 2 modul, yaitu modul kamar tidur dan modul penghubung. Selain itu, dengan bambu 4 m yang terpanjang, memudahkan orang untuk membawanya menggunakan mobil bak kecil.


Senyum Bambu bisa menggunakan material yang memang ada di lokasi seperti bambu, kayu, batu kali, alang-alang, kirei, daun kelapa, pasir dan tanah liat. Akan tetapi, supaya semuanya tersenyum, dalam arti meminimalkan kerusakan lingkungan, disarankan mengoptimalkan bambu dari mulai tiang sampai atap.
Umpaknya bisa menggunakan batu kali atau beton jika tidak ada batu kali. Dinding menggunakan bambu pecah atau biasa disebut palupuh. Pilihan lainnya adalah bambu plester (memakai adukan semen atau tanah liat), bambu utuh, potongan bambu yang disusun seperti pori-pori dan bilik atau kombinasi dari semuanya, contoh bilik bambu dalamnya di isi pasir sungai. Pintu dan jendela terbuat dari bambu atau dari kayu. Penutup atap bisa menggunakan bambu, alang-alang, kirei, daun kelapa atau kombinasi.






Senyum Bambu juga didesain sebagai rumah tumbuh yang bisa diawali sebagai bangunan selter menjadi huntara menjadi rumah permanen type 21, 36, 45 dan seterusnya.
Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi untuk mendukung Pemerintah dalam merekonstruksi rumah warga secara cepat, efisien dan ekonomis.


Arsitek : Mukoddas Syuhada
Rendering : M. Kemal Aziz
Pedoman, Dimensi dan BQ ada di link ini : Senyum Bambu



Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang