Arsitek ini Berani sekali sama Bambu!


Minggu terakhir bulan September ini merupakan minggu yang seru dan mendebarkan bagi saya seorang Abdi Dalam dan Pegiat Bambu Nusantara. Mulai dari rutinitas pekerjaan, undangan shooting, menjadi salah satu narasumber di launching Binus Bandung sampai hari Sabtu ini menjadi Pemateri untuk Workshop Designing with Bamboo yang diinisiasi oleh Omah Library.



Pada saat break makan siang, saya diberi kesempatan untuk melihat-lihat konsep pengembangan Omah Library yang diarsiteki oleh Realrich Sjarief yang sekaligus pemilik Omah Library.


Rumahnya ngArsitek banget, dan yang menarik adalah material bambu yang dijadikan material pendukung bangunan eksisting. Dimulai dari bangunan dengan atapnya yang lengkung dari bahan polycarbonat, ternyata berfungsi sebagai ruang kerja yang dikelilingi buku dan raknya dengan material dari kayu. Bagian luar atapnya sedang dilapisi bilah bambu dengan lebar sekitar 3 cm yang disusun secara acak. Di sebelahnya ada ruangan yang lebih luas dengan fasad dan interiornya serba bambu. Lantai atasnya pun didominasi unsur bambu yang dikombinasikan dengan besi hollow, aluminium, kaca dan dinding bata.

Pintu utama, lantai, tangga, reiling dan tiang-tiangnya dari bambu utuh dan bilah yang disusun secara acak vertikal dan horizontal serta ada unsur lengkungnya sehingga menambah eksotika sebuah karya seni instalasi bambu. Saat kaki tanpa alas ini berjalan di lantai dari susunan bambu bilah yang disusun satu persatu, terasa sekali pijatan-pijatan alami yang menyentuh syaraf tapak kaki dan ini sangat baik sekali untuk kesehatan.








Saya sangat kagum dan bangga dengan keberanian Arsitek ini dalam mengeksplore bambu, tinggal penyelesaian finishingnya yang harus diperhatikan supaya awet dan ramah terhadap anak.
https://www.youtube.com/playlist?list=PLrOL3iBm5pVLR3-H-Wk9eBmV6rhYuyJ94

Comments

miapriani said…
Paraahh siihh ini ide rumahnya unik plus keren bangeet
Alumni zee said…
Assalamu alaikum pak, saya tertarik dengan dunia bambu. saya mencari alamat BCG di ciputat tapi tidak tercantum di internet. adakah kontak yang bisa saya hubungi untuk ikut dengan kegiatan di workshop bcg di ciputat. Terimakasih sebelumnya
Alumni zee said…
Assalamu alaikum bapak, saya tertarik dengan dunia bambu. saya cari alamat dan kontak BCG ciputat tapi tidak ada saya temuka. apakah ada kontak yang dapat saya hubungi? kebetulan saya tinggal di ciputat dan tertarik ikut kegiatan workshop di waktu luang saya

Salam,
MI
Alumni zee said…
Assalamu alaikum bapak, saya tertarik dengan dunia bambu. saya cari alamat dan kontak BCG ciputat tapi tidak ada saya temuka. apakah ada kontak yang dapat saya hubungi? kebetulan saya tinggal di ciputat dan tertarik ikut kegiatan workshop di waktu luang saya

Salam,
MI

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang