Instalasi Bambu terMegah di Dunia itu ada di TuBaBa


Demi Masa
Sungguh, Manusia berada dalam Kerugian
Kecuali Orang-Orang yang Beriman dan Mengerjakan Kebajikan serta saling Menasihati untuk Kebenaran dan saling Menasihati untuk Kesabaran
(Surat Al 'Ashr 1-3)

Instalasi Bambu untuk mendukung pelaksanaan MTQ Provinsi Lampung yang ke 47 terdiri dari Lorong, Menara, Dome Tensegrity, Bangunan Kafilah dan Dome Panggung.


Desain lorong mengambil bentuk bubu, yaitu alat buat menangkap ikan air tawar dari bahan bambu, sepanjang 200 m. Bubu ini melambangkan kondisi eksisting wilayah TuBaBa yang banyak genangan air, embung dan dilintasi Sungai. Selain itu, bubu tersebut menjadi Lorong Waktu perjalanan Manusia supaya tidak Merugi dan tidak mungkin bisa kembali lagi.

Menara
Ada 9 Menara yang melambangkan jumlah Kecamatan di TuBaBa. Lima Menara berada di Lorong Waktu sebagai pengingat Waktu Sholat dan Empat Menara mengelilingi Titik Orientasi yang melambangkan arah mata angin utama.

Dome Tensegrity
Titik Orientasi dari konsep Waktu ini adalah Dome dari batang bambu utuh dengan struktur Tensegrity menggunakan kabel slink sehingga batang bambunya terlihat melayang.

Bangunan Kafilah
Untuk menampung Tamu dan Kafilah yang berjumlah 1500 orang, dibuatlah bangunan dengan struktur utama bambu betung dengan bentang 40 m. Konsep strukturnya menggunakan bambu utuh dengan sistem gapit dan pasak.

Dome Panggung
Ujung dari Instalasi Bambu Lorong Waktu adalah Dome yang berfungsi sebagai panggung utama. Desain Dome nya mengambil analogi bentuk Rebung Bambu yang merupakan tunas awal kehidupan di bumi. Interiornya dibuat seperti Gua Hira, tempat Nabi Muhammad S.A.W. menerima wahyu pertama.



Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang