Pengalaman Membuka Akademi Online hanya 15 Langkah


Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sulit bagi kehidupan manusia di Bumi. Pandemic Covid19 yang terjadi hampir di seluruh kota-kota besar yang ada di Bumi telah merubah budaya hidup manusia, salah satunya adalah belajar secara online.

Mereka yang sudah terbiasa mengajar atau presentasi offline, akan merasa kesulitan untuk menyiapkan materi dan infrastruktur pendukungnya. Bagi yang memiliki dana lebih, tinggal membayar jasa Event Organizer (EO) pembelajaran online, jadi tinggal presentasi saja pas waktunya. Sebaliknya, yang tidak memiliki dana lebih, mau tidak mau harus melakukannya sendiri mulai menyiapkan materi, membuat konten promosi, membuat form pendaftaran, menghubungi narasumber, membeli hak penggunaan ruang online, menyiapkan background, berbagi ke media sosial, menjadi editor, menjadi narasumber cadangan sampai menjadi host.


Saya merupakan salah satu orang yang tidak memiliki dana lebih untuk membayar jasa EO. Semuanya dilakukan sendiri, yaitu membuka Akademi Bambu Nusantara secara daring dan berbayar, tidak gratis. Belum lama, baru dimulai pembelajarannya tanggal 28 Oktober 2020. Untuk angkatan pertama ini yang saya sebut sebagai Rumpun bambuNUSA 1 sudah ada 58 orang sebagai pesertanya, terdiri dari dosen sampai ibu rumah tangga yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Sebagai pemula, data tersebut sudah cukup membuat saya semangat untuk menanam lagi Rumpun bambuNUSA yang kedua, pendaftarannya mulai dibuka tanggal 30 Oktober kemarin.


Pertama dan paling utama adalah harus menguasai materi yang akan dibagikan. Kedua, buat pendaftaran menggunakan Google Form. Caranya buka Google Drive akun gmail dan ikuti langkah-langkahnya seperti dalam gambar di bawah ini.




Ketiga, buat narasi tentang akademi yang akan di share sebagai promosi di media sosial, seperti ini contohnya.

Keempat, buat promosi yang menarik tentang akademi yang akan di share di media sosial, seperti ini contohnya.

Kelima, siapkan materi presentasi dalam format ppt dan pdf, lebih baik lagi jika ada video atau animasinya.
 

Keenam, buat WhatsApp Group (WAG) untuk mengumpulkan para peserta akademi online. WAG ini sangat penting untuk membagikan materi, silabus, informasi dan link yang terkait dengan akademi online.




Ketujuh, daftar akun profesional untuk ruang online nya seperti Zoom, Google Meeting, Webex dan lain-lain. Untuk awal, bisa menggunakan ruang dengan kapasitas 100 orang. Kalau saya, masih memilih Zoom untuk ruang online nya.


Kedelapan, buat jadwal meeting sesuai silabus akademi. Supaya akademi ini bisa diikuti lebih luas lagi secara online, maka harus di setting bisa live streaming di Youtube, Facebook, Instagram dan aplikasi lainnya. Ini saya pilih untuk menambah subscriber dan traffic akun medsos saya yang sudah di monetisasi. Cara setting nya seperti dalam gambar berikut ini.



Kesembilan, buat poster untuk background Zoom Meeting dan promosi di media sosial. Cara buatnya sangat mudah, yaitu memakai template dari web yang menyediakan secara gratis. Kalau saya memakai template dari MyPosterWall.





Kesepuluh, poster dan link Zoom dibagikan ke WAG dan media sosial satu hari sebelum Zoom Meeting dilaksanakan.





Kesebelas, masuk ke Zoom Meeting 1 jam sebelum acara dimulai. Selama 1 jam ini, digunakan untuk persiapan, setting background, posisi duduk, cek live streaming, cek share screen, cek file-file yang akan di share, cek kesiapan narasumber, cek power laptop/PC, cek akses internet (selain WIFI, harus ada akses internet cadangan dari provider HP) dan lain-lain. Untuk mengecek semuanya, bisa menggunakan HP jika Zoom Meeting nya menggunakan laptop/PC.





Keduabelas, sebelum Zoom Meeting dimulai, jangan lupa berdo'a dan mengecek recording. Anda juga bisa memberikan posisi host ke narasumber supaya bisa share screen dan untuk kembali menjadi host, cukup klik claim seperti di gambar ini.

 
Ketigabelas, untuk live streaming di YouTube, harus masuk di akunnya dulu kemudian klik yang gambar video, kemudian pilih live streaming seperti gambar berikut ini.



Keempatbelas, sesudah Zoom Meeting selesai, maka akan muncul windows untuk meng convert hasil recording.
Kelimabelas, Alhamdulillah selesai juga Akademi Bambu Nusantara Online perdana ini, rasanya seperti gunung yang sudah meletus. Jangan lupakan ini yah, peralatan dan perlengkapan yang utama adalah HP+charger, PC/Laptop+charger, HeadPhone/EarPhone+charger, sumber listrik dan akses internet yang bagus.
Alhamdulillah, terima kasih buat semuanya, mudah-mudahan yang mau membuka akademi online sukses dan lancar.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang