Kolecer Angin Para Dewa




Kolecer bagi petani Sunda dan Parahyangan adalah sebuah hiburan saat berladang. Ketika angin berhembus, kolecer akan mengeluarkan bunyi unik yang membuat suasana dari sunyi menjadi ramai. 
Selain untuk hiburan, bunyi kolecer dipercaya bisa meningkatkan hasil tanaman di ladang. Zaman dulu, kolecer merupakan media penanda aksi Para Dewa dalam menjaga Bumi.
Kolecer akan berputar ketika ada angin berhembus. Putarannya akan bertambah kuat, ketika angin bertambah kencang. Tapi kolecer akan berhenti secara tiba-tiba, kemudian berputar lagi. Ini merupakan ajaran luhur bagi manusia, bahwa kita harus berhenti sebentar untuk intropeksi dan merenung sesukses apapun hidup kita. Baru setelah itu kita bisa melanjutkan kembali meraih kesuksesan hidup yang baru.
Bagi saya, seorang Petani Milenial, kolecer adalah musik alam kehidupan manusia. Bunyinya yang unik dan khas bisa sebagai patokan aktivitas bertani yang baik dan benar. Ada waktunya untuk cepat, lambat bahkan berhenti. Kolecer adalah media dan instrument Para Dewa menyampaikan pesan spiritual untuk kelestarian alam.

Comments

Popular posts from this blog

Pepadone Wong Serang, Kamus Base Jawe Serang

Legenda Desa Gunung Malang

Tanah-Tanah Strategis di Kota Serang